Ekosistem Adalah Hubungan Timbal Balik Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Simak Ciri-Cirinya

BERITA TERBARU HARI INI – Ekosistem Adalah Hubungan Timbal Balik Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Simak Ciri-Cirinya. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan, antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari dua komponen utama, yakni komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (lingkungan fisik).

Ekosistem adalah tatanan kesatuan secara kompleks di sebuah wilayah yang terdapat habitat, tumbuhan dan binatang. Ada beberapa jenis ekosistem yang bisa ditemui di berbagai bagian dunia. Misalnya, ekosistem darat terdiri dari hutan, padang rumput, gurun, tundra dan lainnya. Sedangkan ekosistem perairan mencakup sungai, danau, rawa-rawa dan lautan.

Setiap jenis ekosistem memiliki kondisi lingkungan yang berbeda, sehingga organisme di dalamnya juga memiliki adaptasi yang spesifik. Pentingnya pemahaman tentang ekosistem adalah untuk mengatahui, betapa pentingnya ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungan.

Setiap perubahan atau gangguan terhadap ekosistem, dapat berdampak signifikan terhadap kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pelestarian dan pengelolaan ekosistem, agar dapat terjaga keseimbangannya dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi kehidupan manusia.

Berikut ini ciri-ciri umum ekosistem yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2024).

Pengertian Eksosistem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *