Saat Rasulullah Protes Ada Umatnya yang Terhalang Minum Telaga Kautsar di Hari Kiamat

BERITA TERBARU HARI INI – Saat Rasulullah Protes Ada Umatnya yang Terhalang Minum Telaga Kautsar di Hari Kiamat. Kelak semua manusia akan dibangkitkan seusai hari kehancuran di hari kiamat. Lantas mereka akan digiring menuju ke Padang Mahsyar dengan berbagai kondisi.

Golongan mukmin berwajah cerah dan bercahaya. Sebaliknya, ada pula golongan yang bermuram durja dan bahkan berjalan dengan kepala di bawah.

Di Padang Mahsyar, hanya Rasulullah SAW yang memiliki sebuah telaga istimewa. Namanya adalah Telaga Kautsar, seperti disebut dalam hadis, yang artinya:

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku ‘azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nanti akan didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebgaian hamba yang tidak bisa minum dari telaga tersebut.  Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa mereka telah amalan baru sesudahmu.” (HR. Muslim, no. 400).

“Telaga ini memiliki air yang datangnya dari sungai Al-Kautsar yang berada di surga. Oleh karena itu telaga tersebut disebut telaga Al-Kautsar,” demikian, ulasan Muhammad Abduh Tuasikal di rumaysho.com, dikutip Jumat (10/5/2024).

Nabi juga mengungkapkan, siapapun yang meminum air dari telaga tersebut, maka dia tak akan merasa haus selamanya.

Dari Abu Dzarr, ia berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan bejana yang ada di al-haudh (telaga Al-Kautsar)?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Demi jiwa Muhammad yang berada di tangan-Nya. Wadah untuk minum yang ada di telaga Al-Kautsar banyaknya seperti jumlah bintang dan benda yang ada di langit pada malam yang gelap gulita. Itulah gelas-gelas di surga. Barang siapa yang minum air telaga tersebut, maka ia tidak akan merasa haus selamanya. Di telaga tersebut ada dua saluran air yang tersambung ke Surga. Barang siapa meminum airnya, maka ia tidak akan merasa haus. Lebarnya sama dengan panjangnya, yaitu seukuran antara Amman dan Ailah. Airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari pada manisnya madu.” (HR. Muslim, no. 2300).

Namun begitu, ternyata ada golongan umat yang terhalang saat hendak minum air Telaga Al-Kautsar. Nabi SAW pun sempat protes.

Protes Nabi Ketika Ada Umatnya Terhalang Minum Telaga Kautsar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *