Wanita Terancam Denda dan 7 Tahun Penjara karena Review Negatif Produk Makanan

BERITA TERBARU HARI INI – Wanita Terancam Denda dan 7 Tahun Penjara karena Review Negatif Produk Makanan. Bagi Anda yang sering menulis review atau tinjauan sebuah produk, dan diunggah ke media sosial sepertinya harus lebih berhati-hati saat menuliskan review jika kamu membeli barang di negara Afrika ini. Seorang wanita di Nigeria dilaporkan terancam denda dan bahkan dipenjara karena ulasannya.

Hal itu dialami seorang wanita bernama Chioma Okoli. Dilansir dari Oddity Central, Rabu, 11 April 2024, ia dilaporkan bisa terancam hukuman 7 tahun penjara karena menulis review negatif tentang produk puree tomat melalui akun jejaring sosial Facebook miliknya.

Kasus itu bermula pada September 2023, saat itu Okoli membeli sekaleng puree tomato merek Erisco Foods Limited. “Saya membeli tomat kaleng yang akan saya gunakan untuk membuat sup, jadi saya memutuskan untuk membeli yang ini,” tulis Okoli.

Dia mengklaim bahwa tomat kaleng tersebut mengandung terlalu banyak gula. Seperti para konten kreator, dia meminta teman dan pengikutnya untuk menyampaikan pendapat mereka tentang produk tomat tersebut.

Unggahan review dari Okoli ternyata viral dan mendapatkan lebih dari 3.000 komentar. Ada yang mengaku sebagai saudara perempuan dari pendiri Erisco Foods Limited.

Selanjutnya, saudara perempuan tersebut meminta Okoli untuk berhenti menjelek-jelekkan produk tersebut, tapi ia menolak. Siapa sangka, akibat review yang ditulis, pada 24 September 2023, Okoli ditangkap oleh polisi di gereja atas tuduhan “menghasut” berdasarkan Undang-Undang Larangan Kejahatan Dunia Maya Nigeria.

Ia kemudian diketahui ditahan selama satu hari di penjara yang atapnya bocor dan kemudian diterbangkan ke Abuja, ibu kota Nigeria. Meski begitu, Okoli bisa dibebaskan dengan jaminan administratif. Sidang pertamanya diadakan pada Desember 2023 dan untungnya Hakim memutuskan bahwa Okoli tidak boleh ditangkap tanpa izin pengadilan.

Dampak Serius Review Negatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *